Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Begini Tips Menurunkan Berat Badan Usai Lebaran

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

24 - Apr - 2023, 08:43

Ilustrasi diet (foto dari internet)
Ilustrasi diet (foto dari internet)

JATIMTIMES - Saat libur Lebaran, beragam makanan khas yang bakal dihidangkan. Tak jarang, kamu akan tergoda untuk mencicipi semuanya bahkan sampai berlebihan. 

Hingga setelah Lebaran berakhir, seringkali kamu merasa bersalah karena berat badan naik drastis akibat makan berlebihan. Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips untuk menurunkan berat badan usai Lebaran:

1. Batasi Porsi Makan

Baca Juga : Waspada, Beberapa Penyakit Ini Rentan Menyerang Usai Lebaran

Setelah libur Lebaran, kurangi porsi makanmu. Jangan makan sebanyak saat libur Lebaran. Kurangi porsi makanmu secara bertahap hingga tubuhmu terbiasa dengan porsi yang lebih kecil.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Gula Berlebih

Hindari makanan yang mengandung gula berlebih seperti minuman manis, permen, dan kue-kue yang tinggi gula. Gula dapat menaikkan kadar insulin dalam tubuh dan membuatmu merasa lapar secara berlebihan.

3. Konsumsi Makanan yang Rendah Kalori

Pilihlah makanan yang rendah kalori dan tinggi serat untuk menggantikan makanan berkalori tinggi yang kamu konsumsi selama libur Lebaran. Makanan yang rendah kalori seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan ikan dapat membantu menurunkan berat badanmu.

4. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat membantu membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Pilihlah olahraga yang kamu sukai seperti jogging, bersepeda, atau berenang. Lakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari untuk membantu menurunkan berat badanmu.

5. Minum Air Putih Secara Cukup

Baca Juga : Habis Lebaran, Jangan Lupa Lakukan 3 Cek Kesehatan IniĀ 

Konsumsi air putih secara cukup dapat membantu menghilangkan rasa lapar dan membantu melancarkan pencernaan. Hindari minuman berkalori tinggi dan minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

6. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dalam sehari. Jangan lewatkan waktu sarapanmu dan pastikan sarapanmu mengandung makanan yang sehat seperti telur, roti gandum, atau oatmeal.

Itulah beberapa tips untuk menurunkan berat badan usai Lebaran. Ingat, perlahan-lahan dan bertahap adalah cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan yang sehat dan efektif. Selamat mencoba!


Topik

Gaya Hidup menurunkan berat badan tips diet mencegah berat badan naik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Bojonegoro Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri