Bangun Pabrik Sawit di Hutan Malang Selatan, Perhutani: Kalau Ada Rencana, Tentu Ada Konversi Lahan (4) | Bojonegoro TIMES

Bangun Pabrik Sawit di Hutan Malang Selatan, Perhutani: Kalau Ada Rencana, Tentu Ada Konversi Lahan (4)

Apr 28, 2021 22:19
Perkebunan Sawit (Ist.)
Perkebunan Sawit (Ist.)

MALANGTIMES - Pemkab Malang kian gencar menggulirkan pembangunan pabrik kelapa sawit di wilayah Malang Selatan. Namun hingga saat ini Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang belum mengatahui dengan detail rencana pembagnunan pabrik kelapa sawit tersebut.

Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang, Hengki Herwanto menyatakan belum bisa memastikan wacana tersebut. "Saya belum bisa memastikan pasti wacananya itu. Itu kan kewenangan bukan kewenangan kami," ujarnya.

Baca Juga : Hutan di Kabupaten Malang Mulai Rusak, Picu Bencana Alam, Bagaimana Kalau Ada Pabrik Kelapa Sawit? (3) 

 

Hengki juga menambahkan jika pihak Perhutani hanyalah sebagai operator saja dalam hal pengelolaan lahan hutan yang ada di dalam kawasan Perhutani. "Kalau kami ikuti saja kebijakan dari pusat, karena kami hanya sebagai operator saja," bebernya.

Ia juga menuturkan jika memang proyeksi tersebut sudah final atau dengan kata lain sudah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), pihak Perhutani juga akan mendukung proyek tersebut. "Misalnya dijadikan lahan kelapa sawit bukan kewenangan kami Perhutani, tapi kewenangan Kementerian LHK," imbuhnya.

Dalam hal ini, Hengki juga menuturkan dalam proyek tersebut akan ada proses konversi lahan Perhutani untuk kepentingan proyeksi Pabrik Kelapa Sawit.  "Kalau kami tetap mengikuti keputusan dari pemerintah pusat terkait kawasan hutan yang dijadikan. Kalau memang ada rencana (membangun pabrik  kelapa sawit, Red) kan berarti ada rencana konversi lahan," ucap Hengki.

Rencana pendirian pabrik sawit di wilayah Malang Selatan ini diinisiasi oleh Pemkab Malang sejak beberapa bulan lalu.

Baca Juga : Pemkab Malang Mendadak Ingin Kelola Hutan, Ada Apa? (2) 

 

Proyek tersebut disinyalir juga akan menggandeng investor dengan tujuan agar tercapainya pertambahan pendapatan masyarakat Kabupaten Malang. 

Namun sampai berita ini ditulis, pihak Perhutani sendiri masih belum bisa memastikan lebih rinci terkait adanya proyek. Ketika ditanya perihal lokasi dan luas area yang direncanakan sebagai pabrik sawit, Perhutani juga belum bisa memberikan kepastian karena belum ada pembahasan lebih lanjut terkait hal tersebut.

Topik
Kabupaten Malang Sanusi kelapa sawit pabrik kelapa sawit

Berita Lainnya