Saat meninjau lokasi jelajah desa
Saat meninjau lokasi jelajah desa

Bojonegorotimes - Patroli jelajah desa dalam rangka percepatan pembangunan wilayah guna peningkatan perekonomian masyarakat, dilangsungkan oleh tim gabungan pada Kamis (29/10/2020). Tim Gabungan ini terdiri dari Kodim 0813, Dinas PU Bina Marga, BPKAD dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bojonegoro. 

Tim meninjau lokasi yang akan dijadikan sasaran program Karya Bakti Skala Besar (KBSB) tahun 2021 di wilayah Kecamatan Temayang.

Baca Juga : Hari Pertama Liburan, Peningkatan Arus Capai 150 Persen di Jalur Selatan

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, mengungkapkan bahwa sesuai amanat Undang-Undang Nomer 34 Tahun 2004, TNI mempunyai tugas Operasi Militer Selain Perang yaitu membantu tugas pemerintahan di daerah. 

Kodim 0813 Bojonegoro, dalam hal ini melaksanakan operasi Bakti melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Karya Bakti TNI. Guna pemerataan pembangunan di wilayah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro memprioritaskan infrastruktur jalan di wilayah selatan Bojonegoro. 

Tim Jelajah Desa Kodim 0813 Bojonegoro, mengawali perjalanan dengan mengendarai motor trail start Posramil 0813-04/Temayang, dan kemudian menuju TPK Gandek, lanjut Dusun Kalimati Desa Papringan. Setelah beristirahat sejenak, rombongan melanjutkan peninjauan lokasi sasaran KBSB 2021 di Dusun Glingsem, Dusun Sekonang dan Dusun Sekidang. 

Ketiga dusun tersebut, berada diwilayah Desa Soko Kecamatan Temayang. Warga sangat antusias dengan Tim Jelajah Desa, dengan menyambutnya mempersilakan singgah serta memperkenalkan jajan dan makanan tradisional desa rumahan. 

Warga berharap, jika nanti program terlaksana bisa bersama-sama TNI membangun desa. "Selain untuk mengetahui kondisi wilayah dan masyarakat, di Dusun Glingsem, Sekonang dan Sekidang Desa Soko ini akan dilaksanakan Karya Bakti Skala Besar (KBSB) 2021 oleh Pemkab Bojonegoro," ujarnya, Kamis (29/10/2020). 

Baca Juga : Sambut Kehadiran JLS, Kecamatan di Tulungagung Ini Tumbuhkan Wahana Wisata Terintegrasi

Melalui kegiatan program KBSB ini, Pemkab Bojonegoro bersinergi dengan Kodim guna percepatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan wilayah khususnya Bojonegoro bagian selatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Kegiatan karya bakti juga sebagai wujud pengabdian untuk negeri. Melalui karya bakti dapat mewujudkan semangat kegotong-royongan, rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat," pungkas Letkol Inf Bambang Hariyanto. 

Turut dalam kegiatan ini Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Surahmat, Pasiops Lettu Kav Totok Taat Ujianto, Kepala Desa Soko, Johan, beserta perangkat desa.