Polisi menunjuk kain kafan yang ditemukan warga. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Polisi menunjuk kain kafan yang ditemukan warga. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JOMBANGTIMES - Warga Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang, menemukan bungkusan tas kresek berisi kain kafan di samping rumahnya. Kain kafan itu diduga milik jenazah ibu muda  Anis Purwaningsih (26), yang sebelumnya heboh dikabarkan dicuri orang.

Warga yang menemukan itu adalah Lilik Kustiyah (49). Ia menemukan bungkusan tas kresek berisi kain putih di samping rumahnya, Jalan Gajah, Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro. Saat itu, ia sedang bersih-bersih kebun di samping rumahnya pada pukul 06.00 WIB.

Baca Juga : Tiga Pencuri di Kantor Pocari Sweat Diringkus Polres Pamekasan

Awalnya Kustiyah tak mengira isi tas kresek yang dia temukan adalah kain kafan. Bungkusan itu baru dibuka pada pukul 10.00 WIB karena mau dibakar ke tong sampah. Ternyata bungkusan tersebut berisi kain kafan.

Kain kafan itu dibungkus dengan tas kain warna biru, kemudian dikemas dengan tas kresek warna hitam.

"Tadi tergeletak di samping rumah. Saya temukan saat nyapu. Bungkusan berisi kain kafan," ujarnya saat di lokasi, Senin (21/9).

Menurut Kustiyah, kain kafan yang ditemukan masih mengeluarkan bau harum. Di kain juga terdapat bercak darah. "Pas saya buka, ternyata kain, baunya wangi orang mati. Ada bercak darah juga," ungkapnya.

Kustiyah tidak mengetahui siapa yang membuang tas kresek berisi kain kafan itu. Ia menduga, kain kafan itu bekas dicuri oleh orang tak dikenal dan dibuang ke samping rumahnya.

"Kemungkinan habis diambil orang kain kafannya, terus dibuang ke sini. Nggak tahu juga kenapa dibuangnya ke sini," kata Kustiyah.

Temuan tersebut kemudian diberitahukan ke warga sekitar, lalu dilaporkan ke pihak pemerintah desa. Oleh pemerintah desa, laporan penemuan itu kemudian diteruskan ke pihak kepolisian.

Mendapat laporan warga, polisi langsung meluncur ke lokasi untuk mengamankan kain kafan yang ditemukan Kustiyah. Saat ini, kain kafan dibawa ke Polsek Ngoro untuk bahan penyelidikan.

Baca Juga : Ancam Ceraikan Ibu, Pria di Blitar Ini Gagahi Anak Tirinya

Kapolsek Ngoro AKP Yanuar Tri Sanjaya membenarkan kain kafan ditemukan oleh warga Dusun Sumberbeji. Kain kafan yang ditemukan sejumlah satu lembar.

Selain kain kafan, juga ditemukan patung berbentuk bayi dengan posisi merangkak. Patung bayi itu berbahan kuningan. "Ditemukan kain kafan satu lembar. Ada patung kuningan," ujarnya saat dihubungi wartawan.

Sebelumnya, warga dihebohkan dengan perusakan makam Anis Purwaningsih (26), warga Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, yang meninggal pada Sabtu (19/9). Perusakan makam diketahui oleh warga yang berziarah ke makam tersebut pada Minggu (20/9) pukul 17.00 WIB.

Saat ditemukan, makam Anis sudah dalam kondisi tergali. Di jenazah Anis, kain kafan sejumlah satu lembar hilang. Di lokasi juga ditemukan sebuah piring besi yang diduga digunakan pelaku untuk menggali makam.

Saat ini, polisi masih berusaha untuk mengungkap identitas pelaku. Kain kafan yang ditemukan dan piring digunakan sebagai barang bukti. Polisi juga sudah meminta keterangan saksi dari berbagai pihak, termasuk perangkat desa.