Foto: Pengumuman SBM PTN 2020
Foto: Pengumuman SBM PTN 2020

Hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) sudah diumumkan pada Jumat, (14/8/2020) kemarin. Dari total keseluruhan pendaftar, Daerah Istimewa Yogyakarta masih menjadi wilayah terbanyak dan terfavorit untuk pilihan tujuan studi jenjang S1.

Di Yogyakarta sendiri, lebih dari 100 perguruan tinggi PTN maupun PTS berdiri. Bagi kalian yang tidak lolos dalam seleksi SBMPTN tersebut, masih ada rekomendasi beberapa kampus swasta terbaik di Yogyakarta.

Baca Juga : Pengabdian Masyarakat di Masa Pandemi, Unisba Blitar Terjunkan 620 Mahasiswa Ikuti PKM

Kampus-kampus ini juga masih membuka pendaftaran jalur beasiswa, mandiri, maupun jalur prestasi kampus. YogyakartaTIMES merinci setidaknya 10 kampus yang masih membuka pendaftaran hingga akhir September 2020. 

1.Universitas Islam Indonesia (UII)

Ujian seleksi di kampus UII diperpanjang sampai 28 Agustus, UII masih membuka banyak jalur yakni penelusuran siswa berprestasi (PSB), Penelusuran pemimpin muda (PPM), dan jalur raport (Siber). UII juga membuka 25 Prodi untuk bidikmisi dan KIP UII, selengkapnya melalui pmb.uii.ac.id.

2.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Cepat SKL tanggal 13-11 September 2020. Jalur CBT online gelombang II jalur khusus Fakultas Kedokteran mulai tanggal 10-30 Agustus 2020 di admisiumy.ac.id

3.Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Dilansir melalui pmb-online.uad.ac.id, UAD masih akan membuka pendaftara sampai tanggal 10 September 2020. Namun untuk PBT Kedokteran sampai tanggal 24 Agustus 2020, dan program studi farmasi sampai 4 September.

4.Universitas Sanata Dharma (USD)

Kampus yang beralamat di jalan gejayan ini membuka pendaftaran melalui pmb.usd.ac.id batch 2 dari tanggal 13-26 Agustus 2020.

5.Universitas Amikom Yogyakarta

Pendaftaran mahasiswa baru gelombang III akan tutup sampai tanggal 21 Agustus 2020, info selengkapnya melalui pmb.amikom.ac.id

6.Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

Baca Juga : Peminat Pascasarjana UIN Malang dari Indonesia hingga Saudi Arabia

Di UST, Pendaftaran gelombang 3 dibuka sampai tanggal 4 September 2020, alur dan prosedur dapat dilihat melalui ustjogja.ac.id.

7.Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

Penerimaan mahasiswa baru di UTY gelombang terakhir 6 Juli- September 2020 melalui pmb.uty.ac.id.

8.Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

Pendaftaran mahasiswa baru di UMBY gelombang III dibuka sampai 2 September 2020, silakan kunjungi pmb.mercubuana-yogya.ac.id.

9.Universitas Alma Ataa (UAA)

Kampus yang berlokasi di jalan ringroad barat tersebut masih membuka seleksi gelombang III sampai tanggal 31 Agustus 2020, silakan kunjungi pmb.almaata.ac.id.

10.Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA)

UNISA masih membuka UTBK tanpa test sampai tanggal 12 September 2020, selengkapnya silakan kunjungi info-pmb.unisayogya.ac.id.