Salah satu surfer Malang Selatan yang menunjukkan aksinya di tengah deburan ombak Pantai Wedi Awu, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jumat (14/8/2020). (Foto: Dok. JatimTimes)
Salah satu surfer Malang Selatan yang menunjukkan aksinya di tengah deburan ombak Pantai Wedi Awu, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jumat (14/8/2020). (Foto: Dok. JatimTimes)

Wisata alam tidak hanya menjadi hiburan melepas penat. Selain menyehatkan jiwa karena bisa melepas stress, wisata alam di pantai selatan Kabupaten Malang juga bisa menyehatkan jiwa. 

Pantai Wedi Awu misalnya, pengunjung bisa olahraga berselancar atau juga jetski. Banyaknya wisatawan mancanegara maupun dalam negeri yang datang ke pantai di Malang Selatan, karena kawasan tersebut terkenal dengan ombaknya yang bagus. Sehingga banyak yang memanfaatkan untuk olahraga berselancar. 

Baca Juga : Telah Hadir Taman Sains Pertanian Jeruk di Kota Batu, Diresmikan Menteri Pertanian

Berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Pantai Wedi Awu sendiri merupakan satu komplek dengan Pantai Bowele yakni Bolu-bolu, Wedi Awu dan Lenggoksono. 

Fasilitas pun sudah tersedia. Pengunjung tak perlu berat-berat membawa papan selancar untuk surfing jika masih belajar. Pasalnya, kelompok masyarakat di Pantai Wedi Awu telah menyiapkan fasilitas itu plus ada mentornya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengungkapkan bahwa keterlibatan elemen masyarakat untuk membantu pemerintah mempromosikan wisata di Kabupaten Malang sangat tinggi.

"Ada peran masyarakat dan komunitas untuk bersama-sama membantu promosi wisata Kabupaten Malang," ungkapnya beberapa waktu lalu. 

Made pun mengapresiasi langkah-langkah dari perseorangan, kelompok masyarakat bahkan masyarakat luas yang terus membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk mempromosikan tempat wisata di Kabupaten Malang.

Dia juga mencontohkan peran masyarakat yang membantu pemerintah mempersiapkan fasilitas wisata di Pantai Wedi Awu seperti Joni Surf Camp. 

Sementara itu ditemui secara terpisah, Joni salah satu pemilik Joni Surf Camp yang menyewakan tenda, jetski hingga papan selancar mengungkapkan bahwa kegiatan olahraga selancar sangat bagus dilakukan, karena ditunjang dengan ombak yang cocok bagi para peselancar. 

Baca Juga : Dinas Pariwisata Kota Batu Geber Sarpras di Sendratari Kelurahan Sisir

"Intinya surfing (selancar, red) itu bagus sekali, bisa untuk wisata karena bisa mengundang turis mancanegara. Disini ombaknya sangat bagus sekali khususnya di Lenggoksono dan Wedi Awu," ungkapnya ketika ditemui MalangTIMES di Joni Surf Camp, Pantai Wedi Awu, Jumat (14/8/2020). 

Joni pun memberikan alasan selain dapat mengundang wisatawan mancanegara, banyak pemuda dan anak-anak di sekitar kawasan Pantai Bowele yang berkegiatan positif dengan berselancar. 

"Kita selancar siangnya, habis sekolah jadi malamnya capek, nggak begadang, nggak bermain-main, minum-minuman keras, narkoba dan sebagainya," ujarnya. 

Selain untuk kepuasan pribadi dengan berselancar, Joni mengatakan bahwa para pemuda di sekitar Pantai Bowele dapat menambah pemasukan dengan menjadi guide para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.  

Sebagai informasi bahwa sebelum adanya papan selancar yang terbuat dari bahan fiber berkualitas, warga di sekitar Pantai Bowele sudah sejak lama mengenal berselancar tetapi menggunakan papan yang terbuat dari kayu.