Lokasi makam KH Hasyim Wahid yang sudah digali. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Lokasi makam KH Hasyim Wahid yang sudah digali. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

KH Hasyim Wahid, adik bungsu Presiden RI Ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) akan dimakamkan di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang. Jenazah kiai yang akrab disapa Gus Iim ini dimakamkan di satu kompleks dengan makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Bisri Syansuri.

Pantauan wartawan di Ponpes Mamba'ul Ma'arif, persiapan sudah mulai terlihat. Sejumlah kursi dan meja sudah tertata rapi di depan rumah utama pengasuh pondok. Sejumlah santri juga terlihat membacakan ayat suci Alquran.

Baca Juga : Desak Pasar Peterongan Dibuka, Puluhan Pedagang Datangi DPRD Jombang

Sedangkan, liang lahat sudah dipersiapkan oleh keluarga Ponpes Mamba'ul Ma'arif di sisi barat Masjid Jami' pondok. Liang lahat yang disiapkan untuk pemakaman Gus Iim ini, satu area dengan makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Bisri Syansuri. KH Bisri Syansuri adalah kakek Gus Iim dari garis ibu.

Salah satu keluarga besar Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang, Mu'linah Shohib mengatakan, jenazah Gus Iim akan dimakamkan pada pukul 22.00 WIB, Sabtu (1/8/2020). 

"Alhamdulillah persiapan kita yang disiapkan keluarga besar pondok Mambaul Ma'arif sudah 90 persen. Kita tinggal nunggu kedatangan keluarga dari Jakarta," ujarnya kepada wartawan di Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar, Jalan KH Bisri Syansuri, Desa Denanyar, Kecamatan Jombang (1/8/2020) siang.

Dikatakan Mu'linah, tempat peristirahatan terakhir putra bungsu Menteri Agama RI pertama KH Wahid Hasyim itu, berada di sisi utara KH Bisri Syansuri berjarak 2 meter. Makam Gus Iim nantinya juga bersebelahan dengan sepupunya yang dulunya hidup bersama di Jakarta yakni KH Abdul Wahid Aziz Bisri.

Gus Iim dengan Kiai Wahid ini memiliki hubungan emosional yang sangat erat semasa di Jakarta. Karena itu, kata Mu'linah, lokasi makam tersebut adalah wasiat dari Gus Iim.

Baca Juga : Anggaran Covid-19 Minim Terserap, 1.383 Jiwa Gagal Diselamatkan di Surabaya

"Beliau minta di sebelahnya Gus Wahid (sapaan akrab KH Wahid Aziz Bisri). Keduanya punya hubungan emosional yang sangat dekat," tandasnya.

Untuk diketahui, KH Hasyim Wahid meninggal di RS Mayapada, Jakarta pada Sabtu (1/8/2020) pukul 04.18 WIB. Gus Iim meninggal karena ganguan ginjal yang dialaminya. Adik bungsu Gus Dur itu meninggal di usia 67 tahun.