Pengarahan dari Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang, Prof Dr H M Zainuddin MA kepada pengelola jurnal. (Foto: istimewa)
Pengarahan dari Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang, Prof Dr H M Zainuddin MA kepada pengelola jurnal. (Foto: istimewa)

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) terus meningkatkan iklim penelitian di kampus. Salah satunya dengan melecut semangat dosen sekaligus pengelola jurnal ilmiah.

Belum lama ini, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr H M Zainuddin MA mengundang seluruh pengelola jurnal di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang di kampus 3 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Baca Juga : Sekolah Jarak Jauh, Sejumlah SD di Kota Malang Pakai Video dan WhatsApp

Prof Zain mengajak para pengelola jurnal kembali bersemangat untuk mempublikasikan hasil penelitian para dosen.

"Untuk itu, semua dosen di masa pandemi ini harus tetap produktif menulis karya ilmiahnya dan dipublikasikan di jurnal ilmiah," ucapnya.

Bagi dosen yang membutuhkan pendampingan, bisa dibantu langsung oleh Kepala Pusat Penelitian LP2M UIN Malang Dr Nur Ali MPd agar setidaknya jurnalnya bisa menuju Web of Science (WOS).

"Author jika perlu di-coaching secara berkala agar mampu membuat artikel ilmiah yang berkualitas," tegasnya.

Ia menambahkan, dalam aturan komposisi penulis saat ini juga sudah diatur harus sesuai dengan komposisinya, yaitu 60 persen penulis dari luar sementara yang 40 persen dari dalam. Ini sudah menjadi aturan bagi seluruh pengelola jurnal dan siapa pun harus mengikuti aturan tersebut.

"Pengelola jurnal pun harus tegas, jika ada author yang mengirimkan naskah yang tidak sesuai dengan visi jurnalnya ya harus ditolak," katanya.

Baca Juga : Tak Hanya Green Campus, Mahasiswa FKIK UIN Malang Dididik Green Lifestyle

Ketua LP2M UIN Malang Dr Tutik Hamidah melaporkan, dari 34 pengelola jurnal yang ada di lingkungan UIN Malang, sejumlah 22 jurnal sudah terakreditasi di SINTA.

"Meskipun masih ada yang di SINTA 2 dan SINTA 3," terangnya.

Untuk mendongkrak mutu hasil penelitian, LP2M sudah mempercayakan sepenuhnya kepada Pusat Penelitian LP2M. Sehingga terkait dengan perkembangan hasil penelitian di kampus ini berada di bawah kendali pusat penelitian.

"Semoga ke depan para pengelola jurnal makin solid dan bisa menjalin komunikasi antar pengelola, sehingga apapun masalahnya bisa segera diatasi dengan baik," harapnya.