Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A. atau lebih dikenal sebagai Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian menyampaikan, semua sahabat Rasulullah SAW selalu mencontoh apa yang dikerjakan Rasulullah SAW.

Mulai dari hal wajib, sunnah, bahkan mubah sekalipun. Para sahabat juga sering mengikuti semua yang dilakukan Rasulullah SAW hingga pada hal yang sangat kecil dan sederhana sekalipun.

Baca Juga : Syarat Lengkap Berkurban Tahun Ini, Mulai dari Mekanisme Jual Beli sampai Penyembelihan

Salah satu sahabat yang bernama Abdullah bin Umar pun sampai mendapat julukan penjiplak sejati Rasulullah SAW. Karena Abdullah bin Umar selalu menirukan semua yang dikerjakan Rasulullah SAW.

Dikisahkan, ketika Rasulullah SAW wafat, Abdullah bin Umar memimpin kafilah haji. Ada 200 lebih ekor unta dan dikendarai untuk 70 orang. Singkat cerita, saat di jalan sebelum sampai di Makkah, Abdullah bin Umar menghentikan unta-unta dan rombongan.

Kemudian Abdullah bin Umar berkata, "Perhatikan apa yang saya lakukan,".

Kemudian Abdullah bin Umar jalan di tengah padang pasir dan sampai tinggal bayangan. Diujung terdapat sebuah pohon dan Abdullah bin Umar buang air kecil di sana. Usai buang air kecil, Abdullah bin Umar pun kembali ke kafilah.

Salah seorang sahabat lain yang berada di dalam rombongan yaitu Ubay bin Kaab pun berkata kepada Abdullah bin Umar, "Wahai Abdullah bin Umar, semoga Allah merahmati Anda. Apakah Anda menghentikan kami, 70 kafilah ini semuanya ini hanya untuk menyaksikan Anda kecing di situ?,".

Lalu Abdullah bin Umar menjawab, "Iya. Karena saya ingin menyampaikan kepada kalian. Bahwasannya saat saya haji bersama Rasulullah SAW beliau pernah berhenti di sini, beliau pernah kencing di situ,".

Baca Juga : Rasulullah Pernah Marah, Ancam Bakar Rumah hingga Debat Para Sahabat Soal Zakat

Kisah tersebut menyampaikan jika Abdullah bin Umar merupakan sosok sahabat yang menirukan semua perilaku Rasulullah SAW. Mulai dari hal-hal yang sangat kecil begitu diperhatikan.

Kisah lain terjadi saat Rasulullah SAW belum wafat. Ketika itu, Abdullah bin Umar melihat Rasulullah SAW masuk ke dalam kakbah bersama sahabat lainnya yaitu Ubay bin Kaab dan Abu Hirairah.

Saat Rasulullah SAW keluar, Abdullah bin Umar bertanya ke Ubay apa yang dilakukan Rasulullah SAW di dalam. Lalu dijawab Ubay jika Rasulullah SAW salat dua rakaat.

Bertanya lagi Abdullah bin Umar, "Di sisi mana beliau salat,". Kemudian Ubay menunjukkan letak salat nabi dengan menunjuknya. Seketika, Abdullah bin Umar mengikuti salat tersebut persis di tempat yang dilakukan Rasulullah SAW.